Prosesor Core i 8th Generation akhirnya dirilis oleh Intel. Mereka baru saja mengumumkan beberapa prosesor Core i 8th Gen. dari U Series, yang umumnya digunakan di perangkat mobile. Menariknya, Intel berani menjanjikan peningkatan performa hingga 40% dari Core i 8th Gen. U Series ini bila dibandingkan prosesor Core i U Series sebelumnya.

Salah satu kunci mengapa Core i 8th Gen. U Series ini bisa menawarkan peningkatan performa hingga 40% dibandingkan Core i U Series sebelumnya adalah kini Intel menawarkan konfigurasi quad-core dengan Hyper Threading. Sebelumnya, Core i U Series hanya menawarkan konfigurasi dual-core dengan Hyper Threading saja. Perubahan konfigurasi ini disebut berpengaruh terhadap peningkatan performa hingga 25%.

Sementara 15% peningkatan performa dari 40% yang dijanjikan disebut Intel datang dari desain dan proses manufaktur yang lebih baik. Memang, Core i 8th Gen. U Series ini masih menggunakan basis arsitektur Kaby Lake, tetapi dengan pengembangan lanjut di fabrikasi 14nm+. Hal itu, ditambah peningkatan jumlah core, membuat Intel bisa memberikan performa hingga 40% lebih baik di Core i U Series baru ini.

Selain jumlah core yang meningkat, dari dua ke empat, perubahan lain yang hadir di Core i 8th Gen. U Series ini dibandingkan pendahulunya ada dari sisi IGP. Intel kini menggunakan nama Intel UHD Graphics untuk IGP di prosesor baru ini. Menariknya, Intel menyebutkan bahwa UHD Graphics masih mengusung arsitektur dan spesifikasi seperti sebelumnya. Namun, UHD Graphics ini secara resmi mendukung HDMI 2.0 dan HDCP 2.2 tanpa membutuhkan komponen tambahan apapun. Hal ini membuat UHD Graphics akan lebih cocok untuk konten-konten masa kini, termasuk untuk berbagai konten online.

Walaupun hadir dengan konfigurasi core yang lebih tinggi, Intel menyebutkan bahwa Core i 8th Gen. U Series yang mereka luncurkan ini masih mengusung TDP 15 Watt seperti sebelumnya. Intel telah melakukan konfigurasi untuk menyesuaikan empat prosesor yang mereka rilis ini sehingga tetap berada dalam batas 15 Watt tersebut. Hal ini akan membantu produsen laptop, di mana mereka seharusnya tidak perlu banyak mengubah desain pendingin di produk mereka untuk mengakomodasi prosesor baru ini.

Hal yang bisa dikatakan paling menarik dari Core i 8th Gen. U Series ini adalah Intel mengumumkan bahwa harganya masih sama dengan prosesor U Series dari generasi-generasi sebelumnya. Harga yang sama ini berarti bahwa kemungkinan besar laptop dengan Core i 8th Gen. U Series nantinya akan dipasarkan dengan harga yang kurang lebih sama dengan yang menggunakan Core i 7th Gen. U Series yang ada di pasaran saat ini, walaupun memiliki jumlah core dan thread 2x lipat. Laptop-laptop Core i 8th Gen. U Series ini bisa jadi akan mulai bermunculan menjelang akhir tahun 2017 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *